Info Batik Bekasi : Gambar Batik Dampu Bekasi

Minggu, 08 September 2013

Motif Dampu Batik Bekasi
Gambar Motif Dampu Batik Bekasi

Info Batik Bekasi, Anak-anak dan usia anak-anak pada dasarnya sangat suka bermain, namun seiring dengan semakin berkembangnya zaman, dan maraknya permainan modern yang hadir dengan menggunakan teknologi modern  membuat anak-anak kini tidak tahu akan mainan tradisional yang juga dapat dijadikan ajang untuk pembelajaran. Seperti permainan Dampu, sebuah permainan tradisional khas masyarakat Bekasi, dan merupakan salah satu motif batik Khas Bekasi dari sisi aspek Budaya

Permainan dampu dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Kota Bekasi, dan disetiap daerah memiliki nama yang berbeda. Dampu biasanya dimainkan oleh dua orang atau lebih, baik anak laki-laki atau perempuan. Cara Bermain Dampu yang umum adalah dengan cara peserta permainan ini melompat menggunakan satu kaki disetiap petak-petak yang telah digambar sebelumnya di tanah.

Dalam permainan tradisional dampu tidak perlu membeli peralatan, karena permainan dampu dapat diamainkan di tanah lapang dengan membuat petak-petak di permukaan tanah dengan menggunakan kapur atau pecahan genting.

Alat yang digunakan untuk permainan dampu ini adalah benda yang tipis atau pipih seperti batu, atau pecahan genting dll. Cara bermaiannya adalah melempar batu atau pecahan genting ke dalam kotak dengan tidak boleh keluar atau mengenai garis batas kotak, lalu lompat dengan satu kaki dalam kotak yang tidak ada batunya dan tidak boleh menginjak garis serta batu peserta lainya. Setelah selesai peserta harus mengambil batu dengan tetap bertumpu pada satu kaki, lalu melompat kembali pada garis awal.

Permainan tradisional dampu ini memiliki manfaat untuk si anak yaitu untuk melatih keseimbangan tubuh, melatih kemampuan reka visual, meningkatkan kemampuan motor planing atau perencanaan gerak dan meningkatkan kemampuan diferensi tekstur berdasarkan indra perabaan.

Jadi tak ada salahnya memperkenalkan anak pada permainan tradisional Bekasi yaitu dampu, karena selain murah permainan ini juga dapat bermanfaat untuk si anak. 


Batik Dampu Bekasi
Gambar Motif Dampu Batik Bekasi

Batik Dampu Bekasi
gambar Motif Dampu Batik Bekasi

motif batik Khas Bekasi "Batik Dampu Bekasi" denagan unsur-unsur :
permainan dampu (aspek Budaya)
Buah Kecapi (aspek flora)
tumbuhan bunga  dan daun Putri malu (aspek Flora)

Warna "Batik Dampu Bekasi" :
Kuning Kunyit
Merah tanah Bekasi
Hijau daun pisang muda