BATIK BEKASI HADIR TANPA KREATIVITAS MOTIF BARU?

Senin, 04 April 2016

ide 12 Pakem Motif batik bekasi burung mandar Ibu Indah
Ide 12 Pakem Motif Batik Bekasi Motif Burung Mandar Dari Ibu Indah


Tanpa disadari menginjak tahun 2016 ini, dan Hari Jadi Kota Bekasi-pun bulan Maret 2016 sudah lewat, Batik Bekasi hadir lagi tanpa Kreativitas motif terbaru, hanya sekedar melakukan pengulang-ulangan dan memodifikasi 12 Pakem Motif Batik Bekasi saja. Meski Pemerintah Kota Bekasi telah meluncurkan 12 Pakem Motif Batik yang dinamai dengan sebutan Batik Bekasi, hal di maksudkan untuk memberikan ciri khas kebudayaan yang ada di Kota Bekasi, namun kenyataannya Batik Bekasi belum mampu menunjukkan cirri khas yang sesungguhnya. Sungguh minim kreativitas baru

Sedang 12 Pakem Motif Batik Bekasi sendiri, di gali dan diciptakan tahun 2013 oleh TIM KREATIF BATIK KOTA BEKASI yang terdiri dari :
1.      Andi Sopandi
2.      Ridwan Marhid
3.      Eddy Soewantoro
4.      Indah Mardiyani
5.      Yossida

12  Pakem Motif Batik Bekasi ini terbagi kedalam 5 kategori yaitu :
•    Flora, antara lain : Bambu,Buah Kecapi, Bunga Melati dan Teratai,
•    Fauna, antara lain : Ikan Gabus, Lele, Ikan Sepat dan Ikan Betik,
•    Sejarah, antara lain : Gedung Juang Tambun, Kali Bekasi, Monumen Perjuangan dan Bambu Runcing,
•    Budaya, antara lain : Tari Topeng, Legenda Rawa Tembaga, permainan anak seperti Benteng serta Tanjidor,
•    Batik Terang dengan warna Hijau Lumut, Hijau Daun dan Merah Tanah.

Dengan adanya 12 Pakem Motif  Batik Khas Bekasi,  maka pengrajin batik di Kota Bekasi mempunyai pedoman dalam memproduksi batiknya, baik BATIK CAP maupun Batik Tulis.

Jadi batik Bekasi yang ada dan beredar sekarang, hanya merupakan “kreativitas” perpaduan, kolaborasi dan modifikasi dari 12 Pakem Motif Batik Bekasi itu saja. Dan selalu itu-itu saja yang di produksi, di ulang-diulang, tidak ada sesuatu yang baru dari segi motif ataupun desain, karena hanya merupakan modifikasi dari 12 Pakem Motif Batik Bekasi yang telah diciptakan oleh Tim Kreatif Batik Bekasi di tahun 2013 lalu. Tentunya hal ini menunjukkan tidak adanya “gebrakan kreativitas” dalam mencipta motif baru Batik Bekasi diluar 12 Pakem Motif Batik Bekasi yang telah ada.

Meski disebut sebagai Batik Bekasi dari “kreativitas memodifikasi” 12 Pakem Motif Batik Bekasi, namun sayangnya belum nampak cirri khusus yang ditonjolkan kalau itu diklaim sebagai Batik Bekasi. Sayang memang, hanya kreativitas dalam arti sempit.

Untuk itu Eddy Soewantoro (Tim Kreatif Batik Bekasi 2013) bersama Rawa Bebek Batek hadir dengan inovasi dan kreativitas baru dalam hal desain Motif Batik Bekasi, pastinya ada cirri khusus yang akan ditonjolkan Rawa Bebek Batek agar layak disebut sebagai BATIK BEKASI yang sebenarnya. Desain Motif Batik Bekasi yang diluncurkan oleh Rawa Bebek Batek, diluar dari 12 Pakem Motif Batik Bekasi yang telah ada, namun tetap pada jalur dan filosofi Batik Bekasi, supaya cirri Batik Bekasi-nya tetap ada.

Semangat untuk terus mengembangkan dan meng-explore Batik Bekasi menjadi semboyan  bagi Eddy Soewantoro dan Rawa Bebek Batek, bahwa Desain Motif Batik Bekasi tidak hanya 12 Pakem Motif Batik Bekasi itu saja, namun bisa dikembangkan lebih luas lagi, tanpa meninggalkan filosofi Batik Bekasi.

Kurangnya kreativitas tentu menghambat perkembangan Batik Bekasi. Maka Rawa Bebek Batek selalu hadir dengan penuh inovasi kreativitas baru Desain Motif Batik Bekasi dan dengan cara batik yang unik tanpa meninggalkan aspek ke-tradisional-nya. Hal ini dimaksudkan agar Rawa Bebek Batek bisa dikenal luas dan dikenali sebagai Batik Bekasi.

Tentunya untuk melindungi dari penjiplakan, ditiru dan dimodifikasi oleh pihak-pihak lain, Desain Motif Batik Bekasi dari Rawa Bebek Batek akan dalam proses pengajuan Hak cipta. Hal dimaksudkan agar Eddy Soewantoro (pemilik Rawa Bebek Batek) sekaligus pencipta dilindungi hak ciptanya secara hukum dan supaya hak-haknya sebagai pencipta desain Motif Batik Bekasi dapat tetap terjaga dan terpenuhi.

Kreativitas baru Desain Motif Batik Bekasi dari Rawa Bebek Batek akan selalu terus memperkuat ikon Batik Bekasi, juga akan menambah keragaman Batik Indonesia yang telah diakui dunia sejak 2009, sebagai “The Representative List of the Intangible Culture Heritage of Humanity” oleh UNESCO.

Suatu daerah dikatakan memiliki jenis batik yang beraneka ragam mulai dari keunikan, ciri khas, dan unsur yang terdapat di dalam kain batik itu sendiri. Hal tersebut demikian adanya dengan Batik Bekasi Rawa Bebek Batek, telah mempunyai cirri batik tersendiri.

Keunikan Batik Bekasi dari Rawa Bebek Batek akan menjadi daya tarik bagi pencinta batik. Rawa Bebek Batek bangga bisa berperan melestarikan budaya batik Indonesia dan menjadi bagian budaya batik Indonesia sebagai salah satu identitas kebudayaan nasional.

Berikut ide 12 Pakem Motif Batik Bekasi :

Ide 12 Pakem Motif Batik Bekasi Motif Dampu Dari Eddy Soewantoro
Ide 12 Pakem Motif Batik Bekasi Motif Dampu Dari Eddy Soewantoro

Ide 12 Pakem Motif Batik Bekasi Motif Tugu Dari Eddy Soewantoro
Ide 12 Pakem Motif Batik Bekasi Motif Tugu Dari Eddy Soewantoro

Ide 12 Pakem Motif Batik Bekasi Motif Bendo Dari Eddy Soewantoro
Ide 12 Pakem Motif Batik Bekasi Motif Bendo Dari Eddy Soewantoro

1 komentar

Posting Komentar