Batik Bekasi Sudah Menemukan Jati Diri?

Minggu, 12 Maret 2017

Batik Bekasi


Siapa tak kenal batik yang merupakan salah satu warisan budaya Nusantara dan diakui oleh dunia Internasional? UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kebudayaan Dunia dari Indonesia dan masuk ke dalam ”The Representative List of the Intangible Culture Heritage of Humanity” tahun 2009. Karena itulah, Indonesia merasa bangga karena memiliki budaya batik yang menjadi identitas warga Indonesia.
Yang paling menarik dari batik adalah keanekaragaman batik yang memiliki ciri dan keunikan dari masing-masing daerah. Dengan adanya ciri dari masing-masing tiap daerah, batik Indonesia menjadi sangat kaya corak, motif sekaligus warna. Sungguh merupakan kekayaan budaya yang tak ternilai dan tak terbatas untuk dikembangkan.

Menengok Batik Bekasi
Tak mau ketinggalan dari daerah lain yang terlebih dahulu telah memiliki budaya batik yang kental seperti Pekalongan, kini daerah-daerah lain pun mulai bebenah. Salah satu daerah yang sedang mengembangkan batik khas daerah adalah Bekasi. Mencermati Betawi Bekasi berarti harus menengok ke 2 budaya sekaligus yaitu Betawi dan Sunda. Betawi Bekasi yang akar budayanya juga berasal dari Betawi Jakarta, memiliki kekhasan tersendiri dan berbeda dengan Betawi Jakarta.
Bekasi berada di pinggiran Jakarta dengan kondisi geografi dan demografi yang berbeda dengan Jakarta. Dari sisi bahasa, di beberapa tempat bisa ditemukan bahasa Betawi Bekasi yang bercampur dengan bahasa Sunda. Memang, Bekasi masuk ke dalam wilayah Jawa Barat yang kental dengan budaya Sunda-nya. Sehingga, Bekasi menjadi daerah di Jawa Barat yang berbahasa daerah selain Sunda. Bahasa asli Bekasi lebih dekat dengan bahasa Betawi Jakarta, bahasa Betawi Bekasi jauh berbeda dengan bahasa Sunda.
Begitupun dengan budaya Bekasi, kekentalan budaya Betawi dan pengaruh budaya Sunda, membuat budaya Bekasi khas dan unik.

Motif dan Corak Batik Bekasi
Pemerintah daerah Bekasi tak ketinggalan dalam upaya melestarikan batik. Melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporbudpar) kota Bekasi berupaya membuat motif batik Bekasi. Berbagai upaya telah ditempuh, diantaranya mengadakan lokakarya, seminar dan lomba motif batik Bekasi.
Disporbudpar Bekasi beberapa bulan lalu telah meluncurkan motif batik Bekasi. Motif ini lahir dari kreasi para pemenang juara satu hingga empat lomba batik yang diselenggarakan oleh pemerintah Bekasi tahun 2012 lalu. Motif batik Bekasi buah karya para pemenang telah menjadi awal lahirnya corak dan motif batik Bekasi yang digali dari kekayaan khasanah budaya dan mewakili ciri-ciri khusus kota Bekasi.
Pemerintah Bekasi sendiri mematenkan pakem dari motif batik Bekasi ini. Untuk corak batik yang ditetapkan menjadi pakem motif Bekasi, terdiri dari 5. Motif tersebut yakni corak flora, fauna, sejarah, budaya dan batik terang. Untuk batik bercorak flora antara lain, bambu, buah kecapi dan teratai. Corak fauna diwakili oleh ikan gabus, ikan sepat dan ikan betik. Sedangkan corak sejarah antara lain, gedung Juang Tambun, monumen perjuangan, kali Bekasi, bendo (senjata), dan bambu runcing. Corak budaya antara lain tari topeng, dandang (panci), legenda rawa tembaga, permainan anak, seperti benteng dan dampu serta tanjidor. Terakhir adalah batik terang atau warna yaitu hijau lumut, hijau daun dan merah tanah.

Batik Bekasi bagi Pecinta Batik
Motif batik Bekasi tampil dengan keunikan yang berasal dari kekayaan budaya Bekasi. Corak yang khas yang tak dimiliki oleh daerah lain ditambah dengan warna-warna cerahnya memberikan nilai tersendiri. Batik bekasi tampil dengan motif-motif yang besar, gambar-gambar ikon yang jelas serta warna cerah menjadi pembeda dari batik daerah lainnya.
Ke depan, batik Bekasi akan dijadikan seragam wajib bagi Pegawai Negeri Sipil di kota bekasi. Akan dibuat 2 corak yang berbeda dari batik seragam untuk kabupaten Bekasi dan kota Bekasi. Diharapkan pula, batik Bekasi akan digunakan di berbagai acara lainnya. Corak batik yang baru dan berciri khas Bekasi akan menambah koleksi corak batik nasional. Para pecinta batik di mana pun berada, saatnya berburu batik Bekasi.

http://kabarinews.com/utama-1-warna-warni-batik-bekasi/57723

0 komentar

Posting Komentar