Info Batik Bekasi : Gambar Motif Batik Bekasi Eceng Gondok

Senin, 11 Februari 2013

bunga Eceng Gondok

Info Batik Bekasi, Eceng gondok (Euchornia crassipes) (aspek Flora Khas Bekasi) dapat dijadikan gambar Motif batik Bekasi. 

Eceng Gondok merupakan tumbuhan air yang sebenarnya memiliki bunga yang indah, namun termasuk dalam kelompok gulma perairan karena tanaman ini memiliki kecepatan berkembang biak secara vegetatif yang sangat tinggi, terutama didaerah tropis dan subtropis.  Selain itu, eceng gondok juga mempunyai kemampuan yang sangat besar untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan keadaan lingkungan.
Eceng Gondok
Eceng Gondok

Eceng gondok mampu berkembang secara vegetatif dengan sangat cepat.  Lebih dari seabad berada di bumi Indonesia eceng gondok telah menyebar ke seluruh perairan baik waduk, rawa, danau, maupun sungai. Gangguan yang ditimbulkan sudah cukup mencemaskan. Namun ironisnya, hingga sekarang belum ditemukan cara optimal untuk memberantasnya. Akibat yang ditimbulkan dari banyaknya eceng gondok di perairan adalah menurunnya jumlah cahaya yang masuk kedalam perairan sehingga menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air, pendangkalan dan menurunnya kualitas perairan.

Eceng Gondok
Eceng Gondok

Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah bijak unuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkan oleh adanya keberadaan eceng gondok tersebut, salah satunya adalah pemanfaatan eceng gondok sebagai bahan baku kerajinan anyaman.  Tak seorangpun dapat menduga sebelumnya, bahwa usaha pemerintah yang habis-habisan untuk membasmi eceng gondok yang belum mencapai hasil yang optimal justru membuahkan penemuan baru untuk memanfaatkan eceng gondok.  Hanya dengan berbekal ketrampilan yang mudah dipelajari, didukung dengan kemauan, kreatifitas dan seni, maka eceng gondok dapat diolah menjadi kerajinan tas enceng gondok, sepatu, sandal, keranjang, tempat tissue bahkan dapat dibuat mebel seperti meja, kursi dan sofa.

kerajinan Eceng Gondok
kerajinan  dari Eceng Gondok

kerajinan Eceng Gondok
kerajinan dari Eceng Gondok

Oleh karena itu, pemanfaatan eceng gondok sebagai bahan kerajinan dapat menjadi solusi dalam menurunkan tingkat pencemaran di perairan serta pendangkalan air yang berlebihan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas perairan di Indonesia.. Selain itu juga bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat apabila kerajinan eceng gondok ini dapat ditekuni dengan baik.
Sistem pengolahan limbah yang  sering digunakan adalah sistem bioremediasi. Bioremediasi adalah usaha untuk mengurangi atau menurunkan bahan pencemar dengan menggunakan makhluk hidup.


Sistem bioremediasi yang paling sering di gunakan adalah fitoremediasi yaitu usaha untuk menurunkan bahan pencemar dengan menggunakan agen hayati atau tumbuhan, tumbuhan air yang paling sering digunakan adalah eceng gondok, duck weed dan juga kayu apu.