Info Batik Bekasi : Gambar Motif Batik Bekasi Pepaya Gantung

Senin, 10 Desember 2012

Info Batik Bekasi, Motif Batik Bekasi,  Motif Batik Bekasi Pepaya Gantung (Aspek Flora khas Bekasi). 

kembang pepaya gantung


Pepaya (Carica papaya Linnaeus) atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica

Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

kembang pepaya gantung

Selain merupakan Aspek Flora Khas Bekasi, Kembang pepaya Gantung juga dapat dijumpai di kawasan timur Indonesia (NTT, Sulawesi, Maluku dan Papua). Di kawasan tersebut akan selalu bertemu dengan menu sayur bunga pepaya di mana-mana. Sayur bunga pepaya bukan hanya sekadar klangenan (menu eksklusif), melainkan kebutuhan sehari-hari. 

Karenanya, bunga pepaya selalu tampak dijual di warung-warung dan pasar. Kalau kita lihat fisik orang NTT, Bugis, Maluku dan Papua yang kuat-kuat, salah satu penyebabnya adalah sayur bunga pepaya ini. Sebab menurut penelitian fitokimia Departemen Farmasi  Institut Teknologi Bandung (ITB), bunga jantan segar pepaya gantung, ternyata mengandung zat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.