Kembangkan Motif Batik Khas Kota Bekasi Dengan Ikhlas!

Selasa, 12 September 2017


Batik Khas Kota Bekasi


Setiap kecamatan di Kota Bekasi dicanangkan memiliki sentra batik khas Kota Bekasi. Hal ini untuk mendorong kebangkitan batik khas Kota Bekasi.
Demikian disampaikan Walikota Bekasi H Rahmat Effendi saat pencanangan Kota Batik di Jatibening. “Setiap kecamatan dicari sentra batik sehingga bisa mendorong Usaha Kecil Menengah (UKM) juga,” katanya.

Namun, katanya, dia mengingatkan agar pejabat bukan hanya terpaku kepada ceremonial semata. Namun, harus benar-benar dilaksanakan di lapangan . “Saya sebenarnya kurang sreg kalau acara seremonial begini. Lebih baik dilaksanakan yang lebih aplikatif yang langsung ke masyarakat,” katanya.

Pepen menyebutkan agar bawahannya mengubah pola pikir dalam sebuah kegiatan yang dibiayai APBD. Kalau saja mainset itu masih berorientasi anggaran maka akan tidak baik. “Tetapi, mainset itu harus berorientasi kepada pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Disebutkan, misalnya pelaksanaan pengembangan batik lokal khas kota Bekasi ini, harus pula disiapkan kelanjutannya. Misalnya bagaimana nanti pengembangannya, apa perlu disiapkan pola tertentu sehingga perajin batik lokal ini bisa lebih bagus dan bersaing.
“Kalau membuatnya masih di luar daerah Bekasi, ya sama saja,” katanya. “Kita tidak mau yang begini.”

Pepen menyebutkan potensi pemasaran di PNS saja, bisa mencapai 18000 pegawai. Jika ini dimanfaatkan, maka akan bisa mendorong potensi daerah berupa batik kota bekasi ini. “Tapi, harus produk yang bisa bersaing,” katanya.

Encu Hermana, Kepala Dinas Kepemudaan dan Pariwisata Kota Bekasi, mengatakan kegiatan pencanagan kota Batik ini juga ditandai dengan pameran pembuatan batik oleh pelaku usaha batik di Kota Bekasi. “Diharapkan,  ke depan bisa lebih baik,” katanya. 

http://poskotanews.com/2016/07/15/kembangkan-batik-khas-kota-bekasi-tidak-sekadar-cerimonial/

0 komentar

Posting Komentar