Apa Yang Asyik Ketika Memakai batik Bekasi?

Selasa, 12 Desember 2017

batik Bekasi


Keberadaan Batik Bekasi memang belum dikenal secara luas di kalangan pecinta batik di Nusantara, namun pelan tapi pasti melalui berbagai ajang promosi dan diperkuat dukungan pemerintah daerahnya. Salah satu bagian dari industri kreatif yang sudah mempatenkan 11 motif khasnya itu mulai diburu para kolektor.

Dari catatan yang ada, Batik Bekasi memang belum lama dikenal. Bahkan masih ada beberapa orang menanyakannya dengan intonasi sedikit ragu. “Memangnya ada Batik Bekasi ya?” kira-kira seperti itu pertanyaan yang dilontarkan.

Dengan melihat kondisi tersebut, baik pihak pemerintah daerah Kota dan Kabupaten Bekasi serta para penggiat kerajinan Batik Bekasi pun mulai melakukan promosi yang tujuannya memperkenalkan sekaligus menjaring para konsumen untuk membeli batik produksi mereka.

Kehadiran Batik Bekasi makin menjadi perhatian karena dalam perjalannya, Pemerintah Daerah Kota Bekasi menyambut baik upaya pelestarian dan menjadikan salah satu upaya untuk menciptakan lapangan kerja bagi warganya. Apalagi tanpa harus menunggu lama pihak Pemkot Bekasi langsung mempatenkan sekitar 11 motif yang menjadi ciri khas Batik Bekasi, seperti motif bunga melati, kecapi, kembang duren, ikan gabus, ikan lele, eceng gondok dan lainnya sebagai simbol dari flora maupun fauna yang ada di Kota Bekasi.

Sedangkan sejarah kehadiran Batik Bekasi berbading lurus dengan keberadaan Batik Indonesia yang pernah tercatat pada masa kolonial Belanda. Misalnya ada batik yang diberi nama batik Tarawang di mana batik tersebut pada tahun 1892 pernah diikut sertakan di pameran batik Jawa di Amsterdam yang kemudian di Bekasi diselengarakan oleh seniman penulis Belanda di Amsterdam.

Beberapa pihak melihat besarnya potensi tersebut dan menyarankan kepada Pemerintah Daerah Bekasi untuk lebih proaktif melindungi hasil kreativitas warganya. Apalagi dalam hal kerajinan Batik Bekasi yang dasarnya mempresentasikan keseharian masyarakat di daerah Tapal Batas itu. “Pemerintah Daerah, baik Kota dan Kabupaten Bekasi sebaiknya mengupayakan legalitas Batik Bekasi, sebab Batik Bekasi punya kekhasan kultur masyarakat Betawi Bekasi yang ada di wilayah Jawa Barat. Apalagi nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakar di sekitarnya,” kata Andi Sopandi, Pemerhati Perkembangan Batik Bekasi.

Sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan Batik Bekasi, Pemerintah Daerah Kota Bekasi langsung mengambil langkah dalam upaya melestarikan Batik Bekasi. Melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Bekasi digelar berbagai kegiatan diantaranya mengadakan lokakarya, seminar dan lomba Motif Batik Bekasi, yang selanjutnya bisa dijadikan bahan untuk diproduksi secara massal dan bisa digunakan sebagai seragam pegawai maupun seragam sekolah. Dengan demikian bisa menghidupkan geliat para pelaku usaha kecil menengah dan mendatangkan keuntungan bagi mereka.

http://www.pipnews.co.id/daerah/batik-bekasi-dipakainya-asyik/

0 komentar

Posting Komentar