INFO BATIK BEKASI: JEJAK SEJARAH BEKASI YANG PATUT DI KETAHUI ORANG BEKASI

Rabu, 27 Februari 2013

1. Kerajaan Tarumanegara dan Peninggalannya

Konon, Bekasi merupakan salah satu wilayah kekuasaan dari kerajaan Hindu beraliran Wisnu yang pernah berkuasa sekitar abad ke-4 s/d 7M di nusantara. 


JUAL ROK BATIK BEKASI BETAWI ENCIM PUCUK REBUNG
https://shope.ee/8UmVqMcpaC


Hal ini dibuktikan dari adanya peninggalan Prasasti Tugu. Prasasti tersebut ditemukan di Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

Prasasti Tugu
Prasasti Tugu

Saat ini prasasti itu disimpan di Museum Sejarah Jakarta, isi Prasasti Tugu yaitu : menerangkan penggalian Sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati oleh Purnawarman pada tahun ke-22 di masa pemerintahannya.


JUAL BAJU BATIK BEKASI BETAWI PUCUK REBUNG PRIA LENGAN PENDEK
https://shope.ee/10gUuOEM4i


Penggalian sungai tersebut merupakan gagasan untuk menghindari bencana alam berupa banjir yang sering terjadi pada masa pemerintahan Purnawarman, dan kekeringan yang terjadi pada musim kemarau. 

Sungai Gomati dan Candrabaga yang digali pada sekitar tahun 417 M itu sekarang adalah Kali Bekasi. Panjang penggalian saat itu diketahui sekitar 6112 tombak panjangnya (sekitar 11 km). Selesai penggalian, sang prabu mengadakan selamatan dengan menyedekahkan 1.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.

2. Situs Buni dan Kerajaan Segara Pasir
Menurut pendapat ahli antropologi dan sejarawan Betawi, Ridwan Saidi, Tarumanegara bukanlah kerajaan pertama yang ada di Bekasi, jauh sebelum itu ada Kerajaan Segara Pasir. 

Hal ini dibuktikan oleh adanya Situs Buni yang terdapat di sekitar wilayah kecamatan Babelan. Menurut Ridwan, sebelum Masehi, di tatar Pasundan ada 46 kerajaan kuno. Salah satunya adalah Segara Pasir itu yang mendirikan pusat pemerintahannya di daerah pesisir pantai utara Bekasi. 

Kebudayaan Kerajaan Segara Pasir juga dipengaruhi oleh Egypt Kuno (Mesir). Hal tersebut bisa dilihat dari manik-manik yang banyak ditemukan di sekitar Situs Buni.
Data-data yang dikumpulkan menyatakan bahwa situs Buni adalah kompleks pemakaman resi. 

Maka tidak mengherankan, jika sampai saat ini warga masih mudah menemukan sejumlah benda-benda purbakala, seperti manik-manik, mata tombak, perhiasan, dan tulang belulang. Bahkan, pada tahun 1950-1980-an, Situs Buni menjadi “surga” bagi para pemburu harta karun.

3. Nyai Rohmah, Si Perempuan Bekasi
Siti Rohmah dinikahi KH Noer Alie (ulama besar Bekasi yang belakangan didaulat sebagai pahlawan nasional oleh Presiden SBY) pada April 1940. 

Nyai Rohmah merupakan anak dari guru KH Noer Alie, Guru Mughni. Saat itu, Nyai Rohmah merupakan orang di belakang Singa Bekasi sekaligus pendukung perjuangannya. Mirip dengan Kartini, Nyai Rohmah pun berjuang lewat pendidikan.

KH Noer Alie dan Nyai Rohmah
KH Noer Ali dan Nyai Rohmah


lirik lagu MELATI DI TAPAL BATAS

Engkau gadis muda jelita bagai sekuntum melati
Engkau sumbangkan jiwa raga di tapal batas Bekasi
Engkau dinamakan srikandi, pendekar putri sejati
Engkau turut jejak pemuda, turut mengawal negara
Oh pendekar putri nan cantik, dengarlah panggilan ibu
Sawah ladang rindu menanti akan sumbangan baktimu
Duhai putri muda remaja, suntingan kampung halaman
Kembali ke pangkuan bunda, berbakti kita di ladang

Ismail Marzuki (1947)
(Konon lagu ini dibuat karena terinspirasi oleh Nyi Rohmah)

4. Enam Monumen Bekasi

a. Monumen Resolusi rakyat Bekasi.
Monumen tonggak berdirinya Bekasi terletak di Jalan.Veteran, depan Kompleks Kodim 0507. Berbentuk tugu segi lima dengan tinggi 5,8 meter, berdiri di tengah lapangan yang dikelilingi pagar lima persegi setinggi 1 meter. 

Dominasi angka lima melambangkan sebagai lima dasar Negara, yaitu Pancasila. Di tempat ini pernah terjadi sebuah peristiwa penting, yakni digelarnya rapat akbar yang diikuti oleh sekitar 40.000 warga Bekasi pada tanggal 17 Januari 1950. 

Rapat akbar tersebut dipimpin langsung oleh KH. Noer Ali, yang menyatakan bahwa rakyat Bekasi setia kepada Pemerintahan Republik Indonesia dan keinginan untuk memisahkan diri dari Karisidenan Jatinegara, mandiri menjadi Kabupaten Bekasi. 

Kondisi monumen tersebut cukup terawat, hanya saja tidak ada petunjuk apapun di lokasi yang mengisahkan tentang sejarah tugu perjuangan tersebut.

b. Monumen Jalan Agus Salim Bekasi.
Monumen yang terletak di Jalan Agus Salim, posisinya tepat di tengah jalan pertigaan. Daerah tersebut dikenal sebagai kampung tugu. Bentuknya segi empat setinggi 210 cm. 

Puncaknya atau yang biasa disebut sebagai kepala tugu setinggi 75 cm. Di puncak tugu tersebut, dilengkapi dengan pecahan peluru, mortir, granat tangan, sepucuk pistol genggam milik pejuang, tepat di tengah ada sebuah botol tanpa tutup, konon didalamnya berisi gulungan kertas yang bertulis nama-nama pejuang. Dasar tugu berbentuk segi tiga dan di kelilingi rantai. 

Tugu ini dibangun pada 13 Desember 1949 untuk memperingati pembumihangusan Bekasi pada 13 Desember 1949 atau yang dikenal sebagai peristiwa “Bekasi Lautan Api”. 

Menurut Budayawan Unisma Bekasi, Abdul Khoir, tugu ini dibangun atas prakarsa seorang tokoh pejuang Bekasi, Moh. Husain Kamalay. “Di dalam botol ada gulungan kertas yang berisi nama-nama pejuang yang membangun tugu tersebut,” terang Khoir.

C. Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi
Terletak di bumi perkemahan Bekasi yang berada di kompleks GOR Bekasi, Jalan. A.Yani juga terdapat Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi. 

Masyarakat Bekasi lebih mengenalnya sebagai tugu pramuka. Wajar, sebab tidak ada penanda apapun semisal plang atau papan yang mengisahkan tentang monumen yang dibangun pada masa pemerintahan Bupati Abdul Fatah tahun 1978. 

Monumen ini dibangun di atas kolam air berbentuk segi lima, di bagian depan ada lima buah setinggi 17 meter yang melambangkan Pancasila dan hari kemerdekaan. 

Dibelakangnya terdapat relief yang mengambarkan perjuangan rakyat Bekasi dalam empat periode. Sayangnya kondisinya pun memprihatinkan, kumuh dan tekesan tidak terawat. Jika malam hari kerap dijadikan tempat mesra bagi muda-mudi, sebab suasananya yang remang-remang.

d. Monumen di Makam Pahlawan Bulak Kapal yang luasnya 8.350 meter persegi, dibangun pada tahun 1966. Tidak ada data yang pasti tentang siapa saja yang dikuburkan di makam pahlawan ini.

e.Monumen Bambu Runcing. Terletak di pertigaan jalan Warung Bongkok, Desa Suka Danau, Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Berbentuk bambu runcing dibangun pertama kali pada tahun 1962 oleh prakarsa Leguin Veteran RI mengunakan bambu yang diisi dengan kayu. 

Tugu ini direnovasi mengunakan besi rel kereta api pada 10 Agustus 1970 dan diresmikan bertepatan dengan hari kemerdekaan RI, 17 Agustus 1970. Di tempat ini pernah terjadi pertempuran hebat yang menewaskan banyak pejuang.

F. Monumen Kali Bekasi yang terletak di samping jembatan Kali Bekasi Jalan Djuanda, dekat Stasiun Bekasi. Di tempat ini pernah terjadi pembantaian 90 tentara Jepang oleh Pejuang Bekasi pada tanggal 18 Agustus 1945. Atau terkenal dengan “Tragedi Kali Bekasi”, 

Hal ini membuat Soekarno mengunjungi Bekasi untuk menenangkan rakyat supaya tidak meluas menjadi kerusuhan rasial. Di tempat ini, kerap dikunjungi orang-orang Jepang untuk melakukan acara tabur bunga. 

Sampai saat ini belum ada penjelasan resmi dari Pemkot Bekasi terkait dengan makna filosofi dari bangunan tersebut. Dahulu Kali Bekasi juga merupakan tempat pemenggalan para penjajah Belanda oleh rakyat Bekasi yang akhirnya sempat mengubah air di kali ini berubah warnanya menjadi merah pekat.

5. Gedung Juang 45
Gedung Juang 45
Gedung Juang 45

Gedung yang ada di bilangan Tambun ini, tepatnya di jalan Sultan Hasanudin, dekat Pasar Tambun dan Stasiun kereta api Tambun. 

Gedung ini sekarang keadaannya sudah sangat memprihatinkan. Pemkab Bekasi pun terlihat tidak memberikan perhatian terhadap gedung merupakan bagian dari sejarah keberadaan kota Bekasi ini.

Bangunan berarsitektur neoklasik ini dibangun oleh tuan tanah Kow Tjing Kie pada tahun 1910. Pada masa perang kemerdekaan, gedung tinggi ini menjadi markas pasukan Republik dan menjadi target serangan pesawat tempur Belanda. Anehnya, peluru meriam yang dijatuhkan tidak meledak dan hanya menimbulkan kerusakan kecil.

Demikian kisah sejarah Bekasi.

INFO BATIK BEKASI : GAMBAR MOTIF BATIK MONUMEN KALI BEKASI

Rabu, 20 Februari 2013

JUAL SETELAN KEBAYA ENCIM  BETAWI BEKASI

JUAL SETELAN KEBAYA ENCIM 
BETAWI BEKASI

Info Bekasi, Monumen Kali Bekasi (Aspek Kesejarahan Bekasi) dapat dijadikan gambar motif batik Bekasi.
Kisah heroik perjuangan rakyat Bekasi dalam revolusi perang kemerdekaan, juga menjadi sumber inspirasi bagi para seniman Indonesia untuk menuangkan kreasinya. 

JUAL BAJU BATIK BEKASI BETAWI PUCUK REBUNG PRIA LENGAN PENDEK

JUAL BAJU BATIK BEKASI BETAWI PUCUK REBUNG PRIA LENGAN PENDEK
https://shope.ee/10gUuOEM4i


antara lain muncul dalam puisi Krawang-Bekasi karya Chairil Anwar dan dalam dua buku karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Kranji-Bekasi Jatuh (1947) serta Di Tepi Kali Bekasi (1951). Karya-karya tersebut lahir pada masa revolusi kemerdekaan Indonesia.
Monumen Kali Bekasi
Monumen Kali Bekasi

Monumen Kali Bekasi, terletak di jalan Djuanda tak jauh dari stasiun Bekasi yang megah kokoh berdiri tepat di pinggir jembatan kali bekasi penanda bahwa tempat tersebut ada peristiwa bersejarah pada 19 Oktober 1945.


JUAL KAIN SARUNG BATIK BEKASI BETAWI  PUCUK REBUNG
https://shope.ee/g3eWFCuno


JUAL SETELAN BATIK BEKASI WANITA CANTIK

JUAL SETELAN BATIK WANITA CANTIK DI BEKASI 

Insiden Kali Bekasi, adalah peristiwa yang menggambarkan kepatriotan rakyat Bekasi. 19 Oktober 1945, meluncur kereta yang membawa tawanan Jepang menuju Ciater (dipulangkan melalui lapangan udara Kalijati). namun, pejuang Cikampek memerintahkan kembali ke Jakarta. pejuang Bekasi sudah menunggu, di Stasiun Bekasi.

Komandan Tentara Keamanan Rakyat Jatinegara, Sambas Atmadinata, menginformasikan kepada Zakaria, Komandan TKR di markas Bekasi (saat ini menjadi gedung PMI Kota Bekasi) bahwa akan ada serombongan pasukan Jepang berjumlah 90 orang melintas Bekasi mengunakan kereta api menuju Bandar Udara Kali Jati Subang. Zakaria memerintahkan Kepala Stasiun Bekasi (tidak terlacak namanya) untuk memindahkan jalur perlintasan kereta dari jalur dua ke jalur satu yang merupakan jalur buntu. Akibatnya, kereta api yang membawa pasukan Jepang berhenti tepat di tepi Kali Bekasi.

Saat kereta di geledah di temukan banyak senjata api, para pejuang marah walaupun awak kereta menghadang dan memperlihatkan surat perintah jalan dari Menteri Subardjo dan ditandatangani Bung Karno, rakyat Bekasi tetap menggelandang tawanan ke Kali Bekasi

Tak mau ambil risiko, selepas maghrib Zakaria melepaskan tembakan ke arah komandan Jepang tersebut, disusul kemudian oleh suara-suara tembakan lain, perang pun pecah. Pasukan Jepang berhamburan keluar dari tiga gerbong terdepan mencoba mengambil senjata yang disimpan di gerbong belakang. Posisi pasukan Jepang yang tanpa senjata membuat mereka kalang kabut, beberapa di antara mereka bahkan sempat melarikan diri ke arah Teluk Pucung. Namun, dalam sekejap 90 orang tentara Jepang berhasil ditumpas, Kali bekasi yang jernih memerah darah. Kejadian ini, membuat pihak Jepang marah besar karena dianggap menyalahi perjanjian damai antara pihak Indonesia dan Jepang. Soekanto dan Laksaman Meida, pihak Indonesia menyampaikan permohonan maaf kepada Jepang.

Monumen Kali Bekasi ini berdasarkan informasi yang kami terima di bangun atas kerjasama Pemerintah Jepang dan Pemda Kota Bekasi untuk mengenang para prajurit Jepang yang gugur di lintasan kereta api dekat Kali Bekasi sebagai simbol perdamaian dan cinta kasih. Setiap tahunnya di Tugu Kali bekasi selalu di adakan upacara tabur bunga oleh warna negara Jepang yang kini tinggal di Bekasi dan sekitarnya.


INFO BATIK BEKASI : SEJARAH KABUPATEN BEKASI

Selasa, 12 Februari 2013

Logo Kabupaten Bekasi
Logo Kabupaten Bekasi

Info batik Bekasi : Bekasi, Masa Kerajaan…

Penelusuran Poerbatjaraka (seorang ahli bahasa Sansakerta dan bahasa Jawa Kuno). Kata “Bekasi” secara filologis berasal dari kata Candrabhaga; Candra berarti bulan (“sasi” dalam bahasa Jawa Kuno) dan Bhaga berarti bagian. 


JUAL BAJU BATIK BEKASI BETAWI PRIA LENGAN PANJANG
https://shope.ee/2q895LZTeK


Jadi Candrabhaga berarti bagian dari bulan. Pelafalannya kata Candrabhaga kadang berubah menjadi Sasibhaga atau Bhagasasi. Dalam pengucapannya sering disingkat Bhagasi, dan karena pengaruh bahasa Belanda sering ditulis Bacassie (di Stasiun KA Lemahabang pernah ditemukan plang nama Bacassie). Kata Bacassie kemudian berubah menjadi Bekasi sampai dengan sekarang.


JUAL SETELAN KEBAYA ENCIM BEKASI BETAWI - ROK - SELENDANG
Candrabhaga merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanagara, yang berdiri sejak abad ke 5 Masehi. Ada 7 (tujuh) prasasti yang menyebutkan adanya kerajaan Tarumanagara yang dipimpin oleh Maharaja Purnawarman, yakni : Prasasti Tugu (Cilincing, Jakarta), Prasasti Ciaruteun, Prasasti Muara Cianteun, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Pasir Awi (ke enam prasasti ini ada di Daerah Bogor), dan satu prasasti di daerah Bandung Selatan (Prasasti Cidangiang). 

Diduga bahwa Bekasi merupakan salah satu pusat Kerajaan Tarumanagara (isi Prasasti Tugu, berbunyi : ..dahulu kali yang bernama Kali Candrabhaga digali oleh Maharaja Yang Mulia Purnawarman, yang mengalir hingga ke laut, bahkan kali ini mengalir disekeliling istana kerajaan. Kemudian, semasa 22 tahun dari tahta raja yang mulia dan bijaksana beserta seluruh panji-panjinya menggali kali yang indah dan berair jernih, “Gomati” namanya. Setelah sungai itu mengalir disekitar tanah kediaman Yang Mulia Sang Purnawarman. Pekerjaan ini dimulai pada hari yang baik, yaitu pada tanggal 8 paro petang bulan phalguna dan diakhiri pada tanggal 13 paro terang bulan Caitra. Jadi, selesai hanya 21 hari saja. Panjang hasil galian kali itu mencapai 6.122 tumbak. Untuk itu, diadakan selamatan yang dipimpin oleh para Brahmana dan Raja mendharmakan 1000 ekor sapi…). Tulisan dalam prasasti ini menggambarkan perintah Raja Purnawarman untuk menggali kali Candrabhaga, yang bertujuan untuk mengairi sawah dan menghindar dari bencana banjir yang kerap melanda wilayah Kerajaan Tarumanagara.

Setelah kerajaan Tarumanagara runtuh (abad 7), kerajaan yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap Bekasi adalah Kerajaan Padjadjaran, terlihat dari situs sejarah Batu Tulis (di daerah Bogor), Sutarga lebih jauh menjelaskan, bahwa Bekasi merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Padjadjaran dan merupakan salah satu pelabuhan sungai yang ramai dikunjungi oleh para pedagang. Bekasi menjadi kota yang sangat penting bagi Padjadjaran, selanjutnya menjelaskan bahwa: “..Pakuan adalah Ibukota Kerajaan Padjadjaran yang baru. Proses perpindahan ini didasarkan atas pertimbangan geopolitik dan strategi militer. Sebab, jalur sepanjang Pakuan banyak dilalui aliran sungai besar yakni sungai Ciliwung dan Cisadane. Oleh sebab itu, kota-kota pelabuhan yang ramai ketika itu akan mudah terkontrol dengan baik seperti Bekasi, Karawang, Kelapa, Tanggerang dan Mahaten atau Banten Sorasoan…” 

Demikianlah, waktu berlalu, kerajaan-demi kerajaan tumbuh, berkembang, mengalami masa kejayaan, runtuh, timbul kerajaan baru. Kedudukan Bekasi tetap menempati posisi strategis dan tercatat dalam sejarah masing-masing kerajaan (terakhir tercatat dalam sejarah, kerajaan yang menguasai Bekasi adalah Kerajaan Sumedanglarang, yang menjadi bagian dari Kerajaan Mataram). Bahkan bukti-bukti mengenai keberadaan kerajaan ini sampai sekarang masih ada, misalnya : ditemukannya makam Wangsawidjaja dan Ratu Mayangsari (batu nisan), makam Wijayakusumah serta sumur mandinya yang terdapat di kampung Ciketing, Desa Mustika Jaya, Bantargebang. Dimana baik batu nisan maupun kondisi sumur serta bebatuan sekitarnya, menunjukkan bahwa usianya parallel dengan masa Kerajaan Sumedanglarang. Demikian pula penemuan rantai di Kobak Rante, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya (konon katanya, daerah Kobak Rante adalah daerah pinggir sungai yang cukup besar, hingga mampu dilayari kapal. Jalur ini sering digunakan patroli kapal dari Sumedanglarang. Suatu waktu, kapal bernama Terongpeot terdampar disana, sungai mengalami pendangkalan, Terongpeot tidak bisa berlayar, kayunya menjadi lapuk dan tinggallah rantainya saja…) 

Bekasi, masa pendudukan Belanda…

Melihat sejarah Bekasi pada masa pendudukan Belanda, hampir sama dengan melihat sejarah Indonesia secara umum, karena letaknya berdekatan dengan Jakarta, maka sejarah Jakarta, dari Jayakarta, Batavia, Sunda Kalapa, sampai dengan Jakarta yang kita kenal sekarang melekat erat dengan Bekasi.
Tahun 1610, saat Pangeran Jayakarta Wijayakrama mulai melakukan perjanjian dagang dengan VOC (Verenigde Oost-indische Compagnie/semacam Kamar Dagang Belanda), yang empat tahun kemudian (1614), Gubernur Jendral’nya (Van Reijnst) mendapatkan ijin mendirikan benteng di sebelah utara keraton. Tahun 1618, Gubernur Jendral Jan Pieterszoon Coen memperluas benteng hingga menjadi bangunan yang kokoh, berbentuk segi empat dimana disetiap sudutnya, ditempatkan meriam yang mengarah ke keraton. Tindakan provokasi dan mengancam ini, menimbulkan amarah Pangeran Jayakarta, yang kemudian menyerang benteng ini. Serangan ini ternyata sudah ditunggu oleh VOC, maka terjadilah pertempuran antara pasukan Pangeran Jayakarta dengan VOC (April-Mei 1619). Dan sejarah Indonesia mencatat, inilah awal bangsa Belanda (VOC dan kemudian digantikan langsung oleh Pemerintah Kerajaan Belanda) mulai menancapkan kuku penjajahannya dibumi Indonesia.
Setelah menguasai Jayakarta/Batavia (1619), Belanda berusaha memperluas daerah kekuasaannya ke Kerajaan Mataram, karena Raja Mataram mempunyai pengaruh yang sangat besar di Pulau Jawa, upaya ini menimbulkan kemarahan Sultan Agung Hanyorokokusumo.

Pada tahun 1628, Sultan mengerahkan 2 bergodo (setingkat Brigade) angkatan lautnya untuk menyerang Batavia, yang dipimpin oleh Tumenggung Baureksa dan Tumenggung Sura Agul-agul, serta dibantu oleh Tumenggung Mandureja dan Tumenggung Upasanta. Penyerangan besar-besaran ini dilakukan setelah pasukan Mataram pimpinan Kyai Rangga (Tumenggung Tegal) gagal menguasai Banten pada April 1628. Tumenggung Baureksa membawa 50 perahu perang yang dilengkapi persediaan beras, padi, kelapa, gula dan pelbagai keperluan hidup sehari-hari. Namun, karena jarak dan waktu yang lama, serangan ini dapat digagalkan Belanda karena kalah persenjataan dan kekurangan pasokan logistik pasukan.

Walaupun mengalami kekalahan telak, pasukan Mataram tidak mengendurkan niatnya untuk melakukan penyerangan kembali. Gelombang kedua, pasukan Mataram berangkat ke Batavia pada pertengahan Mei 1629. 20 Juni 1629, pasukan infantri yang dipimpin oleh Kyai Adipati Juminah, Kyai Adipati Purbaya dan Kyai Adipati Puger yang juga dibantu oleh Tumenggung Singaranu, Raden Aria Wiranatapada, Tumenggung Madiun dan Kyai Sumenep, menyerbu Batavia. Sebelumnya pasukan Mataram telah disiapkan matang dan jauh sebelum gerakan ofensif dilakukan. Sepanjang rute perjalanan kearah Batavia sudah dikirim terlebih dulu para punggawa yang bertugas menyediakan suplai logistik pasukan. Sejarah mencatat daerah suplai logistik pasukan Mataram berada disekitar wilayah Tegal, Cirebon, Indramayu, Karawang dan Bekasi (base camp di Bekasi berada di daerah Babelan).

Batavia dikepung dari segala penjuru, pasukan Mataram yang pulang dari Banten ikut menutup Batavia dari arah Barat (Kyai Rangga), tetapi sejarah kemudian mencatat bahwa walaupun dikepung dari segala penjuru ternyata Belanda dapat mempertahankan Batavia bahkan dapat memaksa mundur pasukan Mataram ke daerah pedalaman. Kegagalan ini, menyebabkan sebagian besar pasukan Mataram memilih untuk tidak kembali ke Mataram, karena Sultan Agung sudah menurunkan titah bahwa “…akan membunuh (dipenggal kepalanya) pasukan yang gagal melakukan penyerangan, bila kembali ke Mataram..”. Pasukan Mataram ini, kemudian menetap di wilayah Bekasi dan membaur dengan penduduk asli, terutama di sekitar daerah pantai dan di pedalaman, misalnya di Pekopen (konon, Pekopen berasal dari kata pe-kopi-an, artinya tempat istirahat dan ngopi’nya para tentara Mataram), Cibarusah, Pondok Rangon (konon juga, merupakan pondok tempat bala tentara Mataram mengadakan perundingan dan mengatur siasat penyerbuan, didirikan oleh Pangeran Rangga), Tambun, dan bahkan ada pula yang membuka perkampungan baru, karenanya sangat beralasan bila pengaruh kebudayaan Jawa terasa di sebagian daerah Bekasi. Tentara Mataram yang datang ke Bekasi, tidak hanya berasal dari Mataram saja (Jawa Tengah), tetapi juga ada yang berasal dari Sumenep (Madura, Jawa Timur), Kerajaan Padjadjaran, Galuh dan Sumedanglarang (Jawa Barat). Karenanya di Bekasi terdapat daerah-daerah yang berbahasa Sunda, dialek Banten, Jawa atau campuran. Kedatangan tentara Mataram selain berpengaruh terhadap bahasa, penamaan tempat juga ikut memperkaya khasanah budaya Bekasi, seperti Wayang Wong, Wayang Kulit, Calung, Topeng dan lain-lain. Selain itu ada juga kesenian olah keprajuritan “ujungan” yang menampilkan keberanian, ketrampilan dan sentuhan ilmu bela diri, khas olah raga prajurit.
Bekasi, Masa Pemerintahan Hindia Belanda…

Bekasi, pada masa ini masuk ke dalam Regentschap Meester Cornelis, yang terbagi atas empat district, yaitu Meester Cornelis, Kebayoran, Bekasi dan Cikarang. District Bekasi, pada masa penjajahan Belanda dikenal sebagai wilayah pertanian yang subur, yang terdiri atas tanah-tanah partikelir, system kepemilikan tanahnya dikuasai oleh tuan-tuan tanah (kaum partikelir), yang terdiri dari pengusaha Eropa dan para saudagar Cina. Diatas tanah partikelir ini ditempatkan Kepala Desa atau Demang, yang diangkat oleh Residen dan digaji oleh tuan tanah. Demang ini dibantu oleh seorang Juru Tulis, para Kepala Kampung, seorang amil, seorang pencalang (pegawai politik desa), seorang kebayan (pesuruh desa), dan seorang ulu-ulu (pengatur pengairan).

Untuk mengawasi tanah, para tuan tanah mengangkat pegawai atau pembantu dekatnya, disebut potia atau lands opziener. Potia biasanya keturunan Cina, yang diangkat oleh tuan tanah. Tugas potia adalah mengawasi para pekerja, serta mewakili tuan tanah apabila tidak ada ditempat. Disamping itu ada juga Mandor yang menguasai suatu wilayah, disebut wilayah kemandoran. Dalam praktek sehari-hari, mandor sangatlah berkuasa, seringkali tindakannya terhadap para penggarap melampaui batas-batas kemanusiaan. Para penggarap adalah pemilik tanah sebelumnya, yang tanahnya dijual pada tuan tanah. Orang yang diangkat mandor biasanya dari para jagoan atau jawara yang ditakuti oleh para penduduk.

Distrik Bekasi terkenal subur yang produktif, hasilnya lebih baik jika dibandingkan dengan distrik-distrik lain di Batavia, distrik Bekasi rata-rata mencapai 30-40 pikul padi setiap bau, sedangkan distrik lain hanya mampu menghasilkan padi 15-30 pikul setiap bau’nya. Namun demikian yang menikmati hasil kesuburan tanah Bekasi adalah Sang tuan tanah, bukanlah rakyat Bekasi. Rakyat Bekasi tetap kekurangan, dalam kondisi yang serba sulit, seringkali muncul tokoh pembela rakyat kecil, semisal Entong Tolo, seorang kepala perambok yang selalu menggasak harta orang-orang kaya, kemudian hasilnya dibagikan kepada rakyat kecil, karenanya rakyat sangat menghormati dan melindungi keluarga Entong Tolo, Sang Maling Budiman, Robin Hood’nya rakyat Bekasi. Di hampir semua wilayah Bekasi memiliki cerita sejenis, dengan versi dan nama tokoh yang berbeda. Hal ini juga, yang mempengaruhi sikap dan cara pandang masyarakat Bekasi, terhadap sesuatu yang berhubungan dengan ke’jawara’an.
Setelah Entong Tolo ditangkap dan dibuang ke Menado, tahun 1913 di Bekasi muncul organisasi Sarekat Islam (SI) yang banyak diminati masyarakat yang sebagian besar petani. Berbeda dengan di daerah lain, kepengurusan SI Bekasi didominasi oleh kalangan pedagang, petani, guru ngaji, bekas tuan tanah dan pejabat yang dipecat oleh Pemerintah Hindia Belanda, serta para jagoan yang dikenal sebagai rampok budiman. Karena jumlah yang cukup banyak, SI Bekasi kemudian menjadi kekuatan yang dominan ketika berhadapan dengan para tuan tanah. Antara 1913-1922, SI Bekasi menjadi penggerak berbagai protes sebagai upaya penentangan terhadap berbagai penindasan terhadap petani, misalnya pemogokkan kerja paksa (rodi), protes petani di Setu (1913) sampai pemogokkan pembayaran “cuke” (1918).

Bekasi, masa pendudukan Jepang…

Kedatangan Jepang di Indonesia bagi sebagian besar kalangan rakyat, memperkuat anggap eksatologis ramalan Jayabaya (buku “Jangka Jayabaya”, mengungkapkan :”…suatu ketika akan datang bangsa kulit kuning dari utara yang akan mengusir bangsa kulit putih. Namun, ia hanya akan memerintah sebentar yakni selama ‘seumur jagung’, sebagai Ratu Adil yang kelak akan melepaskan Indonesia dari belenggu penjajahan…”
Pada awalnya, penaklukan Jepang terhadap Belanda disambut dengan suka cita, yang dianggap sebagai pembebas dari penderitaan. Rakyat Bekasi menyambut dengan kegembiraan, dan semakin meluap ketika Jepang mengijinkan pengibaran Sang Merah Putih dan dinyanyikannya lagu Indonesia Raya. Namun kegembiraan rakyat Bekasi hanya sekejap, selang seminggu pemerintah Jepang mengeluarkan larangan pengibaran Sang Merah Putih dan lagu Indonesia Raya. Sebagai gantinya Jepang memerintahkan seluruh rakyat Bekasi mengibarkan bendera “Matahari Terbit” dan lagu “Kimigayo”. Melalui pemaksaan ini, Jepang memulai babak baru penindasan, yang semula dibanggakan sebagai “saudara tua”.
Kekejaman tentara Jepang semakin kentara, ketika mengintruksikan agar seluruh rakyat Bekasi berkumpul di depan kantor tangsi polisi, untuk menyaksikan hukuman pancung terhadap penduduk Telukbuyung bernama Mahbub, yang ditangkap karena disuga sebagai mata-mata Belanda dan menjual surat tugas perawatan kuda-kuda militer Jepang. Hukum pancung ini sebagai shock theraphy agar menimbulkan efek jera dan ketakutan bagi rakyat Bekasi. Bala tentara Jepang juga memberlakukan ekonomi perang, padi dan ternak yang ada di Bekasi Gun dicatat, dihimpun dan wajib diserahkan kepada penguasa militer Jepang. Bukan saja untuk keperluan sehari-hari tapi juga untuk keperluan jangka panjang, dalam rangka menunjang Perang Asia Timur Raya.

Akibatnya, rakyat Bekasi mengalami kekurangan pangan, keadaan ini makin diperparah dengan adanya Romusha” (kerja rodi). Pemerintah militer Jepang juga melakukan penetrasi kebudayaan dengan memaksa para pemuda Bekasi untuk belajar semangat bushido (spirit of samurai), pendewaan Tenno Haika (kaisar Jepang). Para pemuda dididik melalui kursus atau dengan melalui pembentukan Seinendan, Keibodan, Heiho dan tentara Pembela Tanah Air (PETA), yang kemudian langsung ditempatkan kedalam organisasi militer Jepang.

Selain organisasi bentukan Jepang, pemuda Bekasi mengorganisasikan diri dalam organisasi non formal yaitu Gerakan Pemuda Islam Bekasi (GPIB), yang didirikan pada tahun 1943 atas inisiatif para pemuda Islam Bekasi yang setiap malam Jum’at mengadakan pengajian di Mesjid Al –Muwahiddin, Bekasi, para anggotanya terdiri atas pemuda santri, pemuda pendidikan umum dan pemuda “pasar” yang buta huruf. Awalnya GPIB dipimpin oleh Nurdin, setelah ia meninggal 1944, digantikan oleh Marzuki Urmaini. Hingga awal kemerdekaan BPIB memiliki anggota yang banyak, markasnya di rumah Hasan Sjahroni, di daerah pasar Bekasi, banyak anggotanya kemudian bergabung ke-BKR dan badan perjuangan yang dipimpin oleh KH Noer Alie. GPIB banyak memiliki Cabang antara lain, GPIB Pusat Daerah Bekasi (Marzuki Urmaini dan Muhayar), GPIB Daerah Ujung Malang (KH Noer Alie), GPIB Daerah Tambun (Angkut Abu Gozali, GPIB Kranji (M. Husein Kamaly) dan GPIB Cakung (Gusir).

Bekasi, masa kemerdekaan…

Awal Agustus 1945, tanda-tanda kekalahan Jepang dari Sekutu kian santer terdengar, terutama di kawasan Asia Pasifik. Setelah bom atom “memeluk erat” Hiroshima dan Nagasaki, Jepang menyerah. Gelora kemerdekaan tidak hanya milik pemuda Jakarta saja, pemuda Bekasi’pun menyambut antusias, ketika diminta mengawal dan menjaga keamanan Bung Karno dan Bung Hatta beserta rombongan yang “bergerak” ke Rengasdenglok, pemuda Bekasi bergerak bahu-membahu mengamankan jalur perjalanan kedua pemimpin tersebut, berangkat maupun kembali (bagi masyarakat yang dilintasi jalur perjalanan, memiliki nostalgia heroik’nya tersendiri, dan jalur inilah oleh rakyat Bekasi disebut dengan Jalan Lintas Proklamator Indonesia, melintas wilayah kecamatan Kedungwaringin, Cikarang Timur, Karangbahagia.

Setelah peristiwa ini, esok harinya Indonesia memproklamirkan kemerdekaan, pk 10.00 WIB di Pegangsaan Timur 56, atas nama Bangsa Indonesia, Soekarno-Hatta membacakan Teks Proklamasi, yang kemudian disiarkan ke seluruh pelosok Indonesia. Rakyat termasuk rakyat Bekasi menyambut dengan penuh suka cita. Inilah titik awal untuk membangun bangsa setelah berabad-abad dibawah cengkraman penjajah, menjadi bangsa yang merdeka, wahai…alangkah indahnya !!
Sisi lain kabar gembira ini juga menimbulkan tindakan kekerasan, rakyat melampiaskan kemarahannya yang sudah terpendam lama akibat kekejaman tentara Jepang. Peristiwa pelucutan senjata dan pembunuhan terjadi juga di Bekasi. Peristiwa pembunuhan tuan tanah Telukpucung dan penahanan 49 truk milik Jepang pada 25 Agustus 1947 (2 truk bermuatan senjata disita, sedang 47 truk yang berisi tentara Jepang diperintahkan langsung ke Jakarta).

Insiden Kali Bekasi, sebuah epos yang memiliki arti yang sangat dalam bagi Rakyat Bekasi, menggambarkan keberanian Rakyat Bekasi, sekaligus tragis. Kali Bekasi merupakan garis demarkasi antara tentara sekutu (Inggris dan NICA) yang menduduki Jakarta dengan laskar-laskar Republik yang bertahan di seberang kali di bagian timur. Akibat pendudukan tentara Jepang yang kejam terhadap rakyat Bekasi, pemuda dan rakyat Bekasi bertindak sendiri dengan menangkap Orang-orang Jepang atau bahkan siapa saja yang diduga telah bekerja sama dengan Jepang. Pemuda dan rakyat Bekasi menghentikan setiap kereta api yang melintas Bekasi, baik yang keluar maupun menuju Jakarta. 19 Oktober 1945, meluncur kereta dari Jakarta yang mengangkut tawanan Jepang menuju Ciater (dipulangkan melalui lapangan udara Kalijati), kereta tersebut berhasil lolos dari hadangan, setibanya di Cikampek dihentikan oleh para pejuang disana dan diperintahkan kembali ke Jakarta. Rakyat Bekasi sudah menunggu, di Stasiun Bekasi seluruh gerbong kereta digeledah, ditemukan 90 orang tentara Jepang. Rakyat beringas ketika ditemukan senjata api milik seorang tawanan (ada ketentuan bahwa Jepang wajib menyerahkan seluruh persenjataannya), seluruh tawanan ditelanjangi dan ditempatkan di Rumah Gadai tepi kali Bekasi, yang dijadikan penjara sementara. Awak kereta sudah mencoba mencegah penggeledahan terhadap tawanan dengan menunjukkan surat perintah jalanan dari Menteri Subardjo yang ditandatangani Bung Karno, rakyat Bekasi tidak perduli, kemarahan memuncak karena pengalaman sejarah yang begitu kejam pada masa pendudukan Jepang. Setelah maghrib, seluruhnya digelandang ke tepi Kali Bekasi dan dibantai. Kali Bekasi yang jernih memerah darah.

Laksamana Maeda protes, meminta pertanggung-jawaban R. Soekanto (Kapolri waktu itu) dan meminta jaminan agar peristiwa seperti itu tidak terjadi lagi. Bunyi surat Maeda “…Kedjadian ini boleh dibilang beloem terdjadi dalam Sedjarah doenia, dan kelakoean sematjam ini menodai perasaan soetji terhadap jang maha koeasa serta menghina terhadap perasaan kemanoesiaan. Hal ini dipandang sebagai boekti bahwa bangsa Indonesia dengan sikap jang demikian itoe tidak mempoenjai pendirian tegoeh di doenia ini. Djika dibiarkan keadaan semacam itoe mungkin akan meradjalela…etc”. R. Soekanto mendjawab, sekaligus sebagai pernyataan sikap pemerintah Republik, “… sesoenggoehnja jang mempoenjai hak mendjalankan hoekoeman menembak mati hanjalah pemerintah Repoeblik Indonesia, akan tetapi daerah Bekasi itoe seperti toean ketahoei ialah soeatoe daerah dimana rakjat beloem sama sekali toendoek kepada pemerintah Repoeblik Indonesia. Seperti dalam soerat itoe telah menjatakan penjelasan kami atas kedjadian itoe, maka pemerintah Repoeblik Indonesia telah beroesaha sebaik2-nja oentoek menolong 90 orang serdadoe Jepang itoe, akan tetapi oesaha itoe gagal…”. Akibat Insiden Kali Bekasi, Bung Karno merasa perlu untuk datang ke Bekasi (25 Oktober 1945), menenangkan rakyat Bekasi dan menghimbau agar peristiwa serupa itu tidak terulang lagi. Setelah Presiden memberikan amanatnya, rakyat Bekasi membubarkan diri dengan tenang.

Belanda masih belum rela melepas kuku’nya di Indonesia, “ndompleng” tentara Sekutu yang secara resmi membawa tugas sebagai Allied Prisoners of War and Interness/APWI (melucuti dan memulangkan tentara Jepang, mengevakuasi tawanan perang, menjaga keamanan dan ketertiban di bekas pendudukan Jepang yang diambil alih). Maksud Belanda kembali menguasai bumi pertiwi ini, membakar kemarahan Bangsa Indonesia, pemuda Bekasi berang, semboyan “Sekali Merdeka, Tetap Merdeka”, “Rawe2 Rantas, Malang2 Poetoeng”, “Bekasi Pantang Moendoer”, serta salam pekikan “MERDEKA” membahana di atmosfir Bekasi. Beribu-ribu rakyat Bekasi bersenjatakan bambu runcing, golok, keris dan beberapa pucuk senjata api hasil pampasan, rakyat Bekasi tetap menerobos barikade, menyerbu Jakarta, Lapangan Ikada. Membuktikan kepada dunia, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia telah berdiri dan ada! (Rapat besar Ikada tidak berlangsung mulus, Bung Karno hanya meminta rakyat untuk tetap tenang dan kembali ke rumah masing-masing).

Peristiwa Bekasi Lautan Api, juga merupakan sebuah bukti catatan Sejarah Perjuangan Rakyat Bekasi, yang banyak merenggut jiwa-jiwa patriotisme dalam mempertahankan kemerdekaan. Bermula dari jatuhnya pesawat Dakota Inggris di Rawa Gatel, Cakung (wilayah Bekasi ketika itu). Rakyat mengepung pesawat, seluruh awak pesawat dan penumpang (4 orang awak pesawat berkebangsaan Inggris dan 22 berkebangsaan India-Sykh, orang Bekasi nyebutnya “tentara ubel-ubel”), ditangkap dilucuti senjata serta pakaiannya, dibawa ke Markas TKR Ujung Menteng (pimpinan Umar Effendi dan Muhammad Amri), selanjutnya ditahan di tangsi polisi Bekasi.
Sekutu kemudian mengirimkan maklumat, kepada pejuang Bekasi (diterima Dan TKR Yon V, Mayor Sambas Atmadinata), isinya : “…segera seluruh tentara Inggris yang ditawan di Bekasi agar dikembalikan kepada pihak Inggris. Apabila tidak dikembalikan, maka Bekasi akan dibumi-hanguskan…”, Rakyat dan Pemuda Bekasi menolak isi maklumat tersebut (gue kagak takut, coy…!) tiga hari kemudian seluruh tawanan dibunuh.

Inggris mengirimkan Batalyon Infantri dan Artileri’nya (tentara Punjab ke-1/16, Skuadron Kavaleri FAVO ke-11, Pasukan Perintis ke-13, Pasukan Resimen Medan ke-37 dan Detasemen Kompi Medan ke-69), bergerak dari Jakarta menuju Cakung, melewati garis demarkasi dan memasuki wilayah Kranji. Pemuda dan Rakyat Bekasi melakukan penghadangan di Kp. Rawa Pasung, pintu lintasan kereta ditutup, rakyat Bekasi bersembunyi disemak-semak sekitarnya. Sekutu berhenti, disangkanya ada kereta yang akan melintas, saat lengah, rakyat Bekasi muncul dari semak-semak melumpuhkan pasukan sekutu yang membawa perlengkapan perang modern, bahkan pemuda Bekasi tanpa menghiraukan nyawanya, dengan gagah berani, naik keatas Panser. Pertempuran jarak dekat ini, membuat tentara Sekutu “keder”, mereka menarik mundur pasukan. 

Sekutu kembali menyerang, dengan kekuatan lebih besar, puluhan truk berisi serdadu Inggris dan India (prajurit Punjab dalam dunia militer, terkenal dengan belati “kukri”nya) puluhan panser dan pesawat terbang menyerbu Bekasi. Rakyat Bekasi merubah taktik pertempuran, pusat kota dikosongkan, membentuk pasukan-pasukan kecil yang gagah berani, hit and run dijalankan, gerilya kota dimulai…, karena takut dan tidak menguasai wilayah, serdadu Inggris selalu berkelompok dalam pasukan jumlah besar. 

Ketika pasukan Inggris sampai di tangsi Bekasi, mereka tidak menemukan seorangpun pejuang Bekasi, hanya menemukan mayat teman-temannya yang telah membusuk dan sebagian dikubur di belakang Tangsi Polisi Bekasi. Akibat kejadian itu, Sekutu mulai melakukan provokasi dengan melakukan penyerangan secara sporadis, pesawat udara dan pasukan darat melakukan serangan membabi buta, pesawat udara menggunakan bom-bom pembakar, pasukan darat membakari rumah-rumah penduduk. 

Kampung Dua Ratus terbakar, kemudian meluas ke Kayuringin, Teluk Buyung, Teluk Angsan dan Pasar Bekasi. Bekasi Timur dan Barat berubah seperti “api unggun raksasa”, langit Bekasi menghitam, dipenuhi asal mengepul ke udara, hitam pekat. Pembakaran berlangsung hampir satu malam penuh, paginya hanya menyisakan asap dan debu, puing-puing berserakan. Ibu-ibu, anak-anak dan orang tua berteriak histeris menyaksikan ulah tentara Sekutu. Masyarakat Bekasi mengungsi, tidak dapat berbuat banyak untuk menyelamatkan harta bendanya.

Peristiwa ini menjadi berita besar bagi pers Nasional maupun Internasional, pers internasional mengutuk tindakan Inggris yang mengibaratkan dengan tindakan Nazi Jerman yang membakar habis kota Lydice-Cekoslowakia dalam Perang Dunia II. Perdana Menteri Sjahrir menyatakan “…jika Inggris menggunakan kekerasan untuk mengembalikan keamanan di Djawa, maka semua orang Indonesia akan melawan sebisa dia. Merdeka!!…”. Rosihan Anwar, yang sedang melakukan perjalanan ke Yogyakarta, pagi harinya, menyaksikan Bekasi dari sela-sela jendela kereta, menggambarkan…”Waktoe kita melewati Bekasi nampaklah di tepi djalan roemah2 habis terbakar menjadi deboe sebagai akibat kekerasan Inggris. Pemandangan amat menjedihkan, mengingatkan kita bahwa disana ada djedjak peperangan. Akan tetapi djoestroe dekat reroentoehan roemah itoe kita melihat perempoean toeroen ke sawah memasoekan benih-benih ke dalam loempoer. Pertentangan ini mengharoekan djiwa moesafir, sebab didekat reroentoehan moentjoel dengan tabahnya oesaha menghidoepkan. Itoelah bangsa Indonesia penoeh vitaliteit, mempunyai banjak kegembiraan dan tenaga hidoep ber-limpah2…” 
 
Bekasi, terbentuknya Kabupaten Bekasi…

Berdasarkan aturan hukum pada saat itu dan melihat kegigihan rakyat memperjuangkan aspirasinya untuk membentuk suatu pemerintahan tersendiri, setingkat Kabupaten, mulailah para tokoh dan rakyat Bekasi berjuang agar pembentukan tersebut dapat terealisasikan. Awal tahun 1950, para pemimpin rakyat diantaranya R. Soepardi, KH Noer Alie, Namin, Aminudin dan Marzuki Urmaini membentuk “Panitia Amanat Rakyat Bekasi”, dan mengadakan rapat raksasa di Alun-alun Bekasi (17 Januari1950), yang dihadiri oleh ribuan rakyat yang datang dari pelbagai pelosok Bekasi, dihasilkan beberapa tuntutan yang terhimpun dalam “Resolusi 17 Januari”, yang antara lain menuntut agar nama Kabupaten Jatinegara dirubah menjadi Kabupaten Bekasi, tuntutan itu ditandatangani oleh Wedana Bekasi (A. Sirad) dan Asisten Wedana Bekasi (R. Harun).

Usulan tersebut akhirnya mendapat tanggapan dari Mohammad Hatta, dan menyetujui penggantian nama “Kabupaten Jatinegara” menjadi “Kabupaten Bekasi”, persetujuan ini semakin kuat dengan dikeluarkannya Undang-undang No. 14 Tahun 1950 yang ditetapkan tanggal 8 Agustus 1950 tentang : Pembentukan Kabupaten-kabupaten di lingkungan Propinsi Jawa Barat, serta memperhatikan Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1950 tentang berlakunya undang-undang tersebut, maka Kabupaten Bekasi secara resmi terbentuk pada tanggal 15 Agustus 1950, dan berhak mengatur rumah tangganya sendiri, sebagaimana diatur oleh Undang-undang Pemerintah Daerah pada saat itu, yaitu UU No.22 Tahun 1948. Selanjutnya, ditetapkan oleh Pemerintah Daerah

Gedung Pemerintahan Kabupaten Bekasi
Gedung Pemerintahan Kabupaten Bekasi

Tingkat II Kabupaten Bekasi, bahwa tanggal 15 Agustus 1950 sebagai HARI JADI KABUPATEN
BEKASI, dan R. Suhandan Umar (sebelumnya Bupati Jatinegara) sebagai Bupati Bekasi pertama, kedudukan kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi tetap di Jatinegara (sekarang Markas Kodim 0505 Jayakarta, Jakarta).

Penutup Tulisan
Dalam perjalanannya kemudian, Bekasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, menjadi kawasan industri yang men”dunia”, kawasan industri yang tidak hanya berisi pabrik-pabrik, tetapi juga didalamnya bercokol juga plaza, mal-mal, perumahan, lapangan golf, pusat bisnis bahkan sekolah-sekolah unggulan, dari sejak children play group sampai perguruan tinggi bertaraf nasional maupun international, yang mungkin pada jaman ‘Entong Tolo’ dulu, tak akan pernah bisa kita bayangkan.

Di sisi lain, Kabupaten Bekasi juga kini telah melahirkan seorang putra yang cantik nan rupawan, montok dan moleg, sexy dan mumpuni, bak pemain sinetron yang lagi digandrungi, Kota Bekasi. Kita, masyarakat Kabupaten Bekasi, orang tua’nya, selalu berdoa semoga putera ini sehat, pinter, berguna bagi nusa, bangsa, agama dan bangsanya, dan tidak menjadi Malin Kundang bagi orang tuanya….
Dengan terbentuknya Kota Bekasi, kita harus mampu menggali nilai-nilai kesejarahan yang ada di wilayah kabupaten (tanpa harus meninggalkan kebersamaan sejarah dengan kota), untuk dapat meningkatkan rasa kebanggaan dan rasa memiliki yang tinggi, sebagai warga masyarakat Kabupaten. 

sumber :
http://humaskabbekasi.wordpress.com/sejarah-singkat-bekasi/

INFO BATIK BEKASI : GAMBAR MOTIF BATIK BEKASI ECENG GONDOK

Senin, 11 Februari 2013

JUAL SETELAN KEBAYA ENCIM  BETAWI BEKASI

JUAL SETELAN KEBAYA ENCIM 
BETAWI BEKASI

bunga Eceng Gondok

Info Batik Bekasi, Eceng gondok (Euchornia crassipes) (aspek Flora Khas Bekasi) dapat dijadikan gambar Motif batik Bekasi. 


JUAL KAIN SARUNG BATIK BEKASI BETAWI PUCUK REBUNG

JUAL SETELAN BATIK BEKASI  WANITA MODIS

JUAL SETELAN BATIK WANITA MODIS
DI BEKASI 

 

Eceng Gondok merupakan tumbuhan air yang sebenarnya memiliki bunga yang indah, namun termasuk dalam kelompok gulma perairan karena tanaman ini memiliki kecepatan berkembang biak secara vegetatif yang sangat tinggi, terutama didaerah tropis dan subtropis.  Selain itu, eceng gondok juga mempunyai kemampuan yang sangat besar untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan keadaan lingkungan.
Eceng Gondok
Eceng Gondok

Eceng gondok mampu berkembang secara vegetatif dengan sangat cepat.  Lebih dari seabad berada di bumi Indonesia eceng gondok telah menyebar ke seluruh perairan baik waduk, rawa, danau, maupun sungai. Gangguan yang ditimbulkan sudah cukup mencemaskan. Namun ironisnya, hingga sekarang belum ditemukan cara optimal untuk memberantasnya. Akibat yang ditimbulkan dari banyaknya eceng gondok di perairan adalah menurunnya jumlah cahaya yang masuk kedalam perairan sehingga menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air, pendangkalan dan menurunnya kualitas perairan.

Eceng Gondok
Eceng Gondok

Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah bijak unuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkan oleh adanya keberadaan eceng gondok tersebut, salah satunya adalah pemanfaatan eceng gondok sebagai bahan baku kerajinan anyaman.  Tak seorangpun dapat menduga sebelumnya, bahwa usaha pemerintah yang habis-habisan untuk membasmi eceng gondok yang belum mencapai hasil yang optimal justru membuahkan penemuan baru untuk memanfaatkan eceng gondok.  Hanya dengan berbekal ketrampilan yang mudah dipelajari, didukung dengan kemauan, kreatifitas dan seni, maka eceng gondok dapat diolah menjadi kerajinan tas enceng gondok, sepatu, sandal, keranjang, tempat tissue bahkan dapat dibuat mebel seperti meja, kursi dan sofa.

kerajinan Eceng Gondok
kerajinan  dari Eceng Gondok

kerajinan Eceng Gondok
kerajinan dari Eceng Gondok

Oleh karena itu, pemanfaatan eceng gondok sebagai bahan kerajinan dapat menjadi solusi dalam menurunkan tingkat pencemaran di perairan serta pendangkalan air yang berlebihan sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas perairan di Indonesia.. Selain itu juga bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat apabila kerajinan eceng gondok ini dapat ditekuni dengan baik.
Sistem pengolahan limbah yang  sering digunakan adalah sistem bioremediasi. Bioremediasi adalah usaha untuk mengurangi atau menurunkan bahan pencemar dengan menggunakan makhluk hidup.


Sistem bioremediasi yang paling sering di gunakan adalah fitoremediasi yaitu usaha untuk menurunkan bahan pencemar dengan menggunakan agen hayati atau tumbuhan, tumbuhan air yang paling sering digunakan adalah eceng gondok, duck weed dan juga kayu apu.

INFO BATIK BEKASI : KESENIAN TRADISIONAL TIDAK DAPAT DILINDUNGI OLEH HAK PATEN?

Senin, 21 Januari 2013


JUAL SETELAN KEBAYA ENCIM BEKASI BETAWI - ROK - SELENDANG

Kesalahan Berulang : Kesenian Tradisional Tidak Dapat Dilindungi oleh Hak Paten
Tidak lekang dalam ingatan ketika negara yang konon serumpun dengan Indonesia mengklaim berbagai kebudayaan saudaranya, mulai dari lagu Rasa Sayange, batik, angklung sampai yang paling hangat yaitu tarian Tor-Tor. Sejumlah kalangan ramai-ramai menyuarakan untuk mematenkan berbagai kesenian tersebut. Gagasan itu muncul karena anggapan bahwa hak paten dapat melindungi kesenian tradisional. Trauma akan klaim-klaim negara lain, muncul kembali kesalahanpahaman untuk mematenkan kesenian. Dalam berita di atas sebenarnya terdapat kesalahpahaman terhadap hak paten.


JUAL KAIN SARUNG BATIK BEKASI BETAWI  PUCUK REBUNG
https://shope.ee/g3eWFCuno


Hak paten tidak diperuntukan untuk melindungi karya seni. Undang-Undang No. 14/2001 tentang Paten, sebagai landasan hukum yang berlaku positif tidak memasukan karya seni sebagai obyek perlindungannya. Menurut undang-undang tersebut, paten merupakan hak yang secara khusus diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi. Dalam hal ini, invensi yang dapat diberi hak paten adalah invensi yang baru dan mengandung langkah inventif serta dapat diterapakan dalam industri. Kesenian merupakan bidang lain tersendiri yang bukan merupakan hasil temuan di bidang teknologi. Karya seni merupakan suatu hasil proses cipta rasa dan karsa yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia.
Jenis hak kekayaan intelektual yang dapat diberikan pada suatu karya seni bukanlah hak paten, melainkan hak cipta. Hak cipta akan memberikan dua hal yaitu hak moral untuk diakui sebagai pencipta karya seni dan hak ekonomi untuk memperoleh keuntungan ekonomi dari hasil komersialisasi kreasi seni. Pengklasifikasian ke dalam rezim hak cipta tersebut bahkan diakui oleh dunia internasional. Namun sayang perlindungan yang serupa belum dapat diberikan kepada kesenian tradisional.
Perlu digarisbawahi bahwa “seni” saja dengan “seni tradisional” memiliki karakter berbeda. Seni tradisional berkembang dari generasi ke generasi dan menjadi identitas suatu bangsa yang sangat berharga. Kepemilikan seni tradisional adalah milik bersama suatu masyarakat sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia yang komunal. Kesenian sebagai ekspresi budaya tradisional tidak dapat dikategorikan sebagai obyek yang dapat dilindungi oleh hak cipta apalagi hak paten. Ekspresi budaya tradisional (traditional cultural expressions) merujuk kepada bentuk-bentuk baik berwujud atau tidak berwujud pengetahuan tradisional dan budaya-budaya yang diekspresikan, dimunculkan, atau dikomunikasikan. Ekspresi budaya tradisional dapat termasuk musik, narasi-narasi lisan dan tulisan, seni, kerajinan, nama dan simbol, desain, bentuk dan pertunjukan arsitektural.Kesenian tradisional pada umumnya tidak memiliki kejelasan siapa yang pertama kali menciptakannya oleh karena itu sering terjadi saling mengklaim kepemilikan seni tradisional tersebut. Lebih jauh lagi, banyak kesenian tradisional berkembang melintasi batas wilayah negara.
Sebenarnya, Indonesia telah memiliki sedikit landasan hukum untuk melindungi seni tradisional yaitu ada di dalam pasal 10 UU No.19/2002 tentang Hak Cipta. Berdasarkan pasal tersebut, negara memegang hak cipta atas folklor dan hasil kebudayaan rakyat yang menjadi milik bersama, seperti cerita, hikayat, dongeng, legenda, babad, lagu, kerajinan tangan, koreografi, tarian, kaligrafi, dan karya seni lainnya. Namun ternyata norma dan kaidah nasional tidak dapat memayungi hujan klaim pihak asing atas kesenian tradisional Indonesia. Undang-undang tentang Hak Cipta hanya berlaku dalam wilayah Indonesia sedangkan klaim-klaim dilakukan oleh negara lain ada dalam ranah pergaulan internasional. Tentu saja undang-undang nasional akan sulit melindungi kesenian tradisional. Dibutuhkan suatu kerangka hukum internasional dan pengakuan atas kebudayaan Indonesia untuk secara efektif melindungi kebudayaan tradisional secara utuh meyeluruh.
Saat ini dalam forum internasional di bawah naungan World Intellectual Property Organization (WIPO), negara-negara maju dan berkembang sedang membahas isu mengenai kesenian tradisional (bersama dengan isu sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional). WIPO adalah organisasi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa yang khusus menangani masalah hak kekayaan intelektual. Melalui negosiasi-negosiasi yang diselenggarakan negara-negara yang tergabung dalam Intergovermental Comitee serta para ahli yang tergabung ke dalam Intersessional Working Group diharapkan nantinya akan menghasilkan suatu hukum internasional yang melindungi kesenian tradisional yang termasuk ke dalam ekspresi budaya tradisional. Indonesia termasuk negara berkembang yang sangat vokal bersuara pada forum WIPO tersebut. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan kesenian tradisional, oleh karena itulah sudah seharusnya Indonesia berada pada garda terdepan memperjuangkan perlindungan bagi kesenian tradisional.
Bukan hanya upaya membentuk hukum internasional yang melindungi kesenian tradisional. Indonesia juga berupaya memperoleh pengakuan internasional atas berebagai kesenian tradisional sebagai warisan budaya. Salah satu upayanya adalah mengajukan berbagai kesenian tradisional bangsa Indonesia ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Hasil upaya tersebut yaitu beberapa pengakuan atas kebudayaan tradisional Indonesia telah ditetapkan sebgai warisan budaya dunia dari Indonesia. Batik, angklung, dan yang terakhir sistem irigasi Subak telah mendapatkan predikat warisan budaya dunia dari Indonesia. Namun demikian, pengakuan saja belum cukup karena masih ada kekosongan hukum internasional yang melindungi kebudayaan tradisional. Masalah kebudayaan ini bukan sekadar pengakuan tetapi juga akan menyangkut ke dalam berbagai aspek yang lebih teknis. Berbagai permasalahan kompleks lainnya tetap perlu diatur oleh suatu hukum internasional sehingga dapat memberikan suatu sistem perlindungan yang efektif terhadap kesenian tradisional.
(Garry Gumelar,S.H./Pemerhati Hukum Hak Kekayaan Intelektual)
http://www.pikiran-rakyat.com/node/257552